Suku Batak Toba, Horas!

12:51 AM


Suku Batak Toba adalah bagian dari Suku Batak yang memiliki sub suku batak lainnya, seperti: Alas,  Kluet,  Karo, Pakpak , Dairi , Simalungun , Angkola , Mandailing.  Suku Batak Toba banyak bermukim di Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Tapanuli Utara (ibukota Tarutung), Kabupaten Toba Samosir (ibukota Balige), Kabupaten Samosir (ibukota Pangururan), Kabupaten Humbang (ibukota Siborong-borong), Kabupaten Humbang Hasundutan (ibukota Dolok Sanggul) dan daerah sekitarnya.

Kebudayaan Suku Batak Toba pada umumnya sama dengan sub Suku Batak lainnya. Namun ada beberapa kebudayaan Suku Batak Toba yang berbeda dari tiap sub Suku Batak lainnya, karena biasanya masing-masing sub Suku Batak memiliki variasi, dan keunikan masing masing, contohnya bahasa yang digunakan Batak Toba berbeda dengan Batak Karo. Kebudayaan Suku Batak Toba antara lain:

A.      MARGA

Marga atau nama keluarga adalah bagian nama yang merupakan pertanda dari keluarga mana ia berasal.  Orang Batak selalu memiliki nama Marga/keluarga. Nama/marga ini diperoleh dari garis keturunan ayah (patrilinear) yang selanjutnya akan diteruskan kepada keturunannya secara terus menerus. Dikatakan sebagai marga pada suku bangsa BatakToba ialah marga-marga pada suku bangsa Batak yang berkampung halaman (marbona pasogit) di daerah Toba.  Sonak Malela yang mempunyai 3 (tiga) orang putera dan menurunkan 4 (empat) marga, yaitu: Simangungsong, Marpaung, Napitupulu, dan Pardede, merupakan salah satu cotoh marga pada suku bangsa Batak Toba.

B.      UPACARA

Batak Toba memiliki berbagai upacara, seperti Martonggo raja, Martumpol, Manulangi, Perkawinan, dsb. Salah satu yang akan dibahas ialah, perkawinan. Perkawinan dalam adat kebudayaan Batak-Toba menganut hukum eksogami (perkawinan di luar kelompok suku tertentu). Ini terlihat dalam kenyataan bahwa dalam masyarakat Batak-Toba: orang tidak mengambil isteri dari kalangan kelompok marga sendiri, perempuan meninggalkan kelompoknya dan pindah ke kelompok suami, dengan tujuan untuk melestarikan galur suami di dalam garis lelaki. Hak tanah, milik, nama, dan jabatan hanya dapat diwarisi oleh garis laki-laki. Berdasarkan tata cara yang digunakan, perkawinan adat Bata Toba yaitu:


1.       Paranakkon Hata
Paranakkon hata artinya menyampaikan pinangan oleh paranak (pihak laki-laki) kepada parboru (pihak perempuan). Pihak perempuan langsung memberi jawaban kepada ‘suruhan’ pihak laki-laki pada hari itu juga.
2.       Marhusip
Marhusip artinya membicarakan prosedur yang harus dilaksanakan oleh pihak paranak sesuai dengan ketentuan adat setempat (ruhut adat di huta i) dan sesuai dengan keinginan parboru (pihak perempuan). Pada tahap ini yang dibicarakan hanyalah hal-hal yang berhubungan dengan marhata sinamot dan ketentuan lainnya. Pihak yang disuruh marhusip ialah masing-masing satu orang dongan-tubu, boru-tubu, dan dongan-sahuta.
3.       Marhata Sinamot
Marhata Sinamot ialah membicarakan sinamot dan jambar sinamot. Pihak yang ikut marhata sinamot adalah masing-masing 2-3 orang dari dongan-tubu, boru dan dongan-sahuta. Mereka tidak membawa makanan apa-apa, kecuali makanan ringan dan minuman.
4.       Marpudun Saut
Marpudun saut artinya merealisasikan apa yang dikatakan dalam Paranak Hata, Marhusip, dan marhata sinamot. Semua yang dibicarakan pada ketiga tingkat pembicaraan sebelumnya disimpulkan menjadi satu untuk selanjutnya disahkan oleh tua-tua adat. Dalam Marpudun saut sudah diputuskan segala keperluan perkawinan seperti tempat upacara, tanggal upacara, ketentuan mengenai ulos yang akan digunakan, ketentuan mengenai ulos-ulos kepada pihak paranak, dan ketentuan tentang adat. Setelah semua itu diputuskan dan disahkan oleh pihak paranak dan parboru, maka tahap selanjutnya adalah menyerahkan bohi ni sinamot (uang muka maskawin) kepada parboru sesuai dengan yang dibicarakan. Setelah itu diadakan makan bersama dan pembagian jambar.
5.       Unjuk
Semua upacara perkawinan harus dilakukan di halaman pihak perempuan, di mana pun upacara dilangsungkan. Berikut adalah tata geraknya:
  • Memanggil liat ni Tulang ni boru muli dilanjutkan dengan menentukan tempatduduk.[Mengenai tempat duduk di dalam upacara perkawinan diuraikan dalam Dalihan Na Tolu.
  • Mempersiapkan makanan,
  • Paranak memberikan Na Margoar Ni Sipanganon dari parjuhut horbo,
  • Parboru menyampaikan dengke (ikan, biasanya ikan mas),
  • Doa makan,
  • Membagikan Jambar,
  • Marhata adat
  • Pasahat sinamot dan todoan,
  • Mangulosi, dan
  • Padalan Olopolop

C.      RUMAH ADAT

Rumah adat Batak Toba disebut Rumah Bolon, berbentuk empat persegi panjang dan kadang-kadang dihuni oleh 5 sampai 6 keluarga batih. Untuk memasuki
rumah harus menaiki tangga yang terletak di tengah-tengah rumah, dengan jumlah anak tangga yang ganjil. Bila orang hendak masuk rumah Batak Toba harus menundukkan kepala agar tidak terbentur pada balok yang melintang, hal ini diartikan tamu harus menghormati si pemilik rumah. Lantai rumah kadang-kadang sampai 1,75 meter di atas tanah, dan bagian bawah dipergunakan untuk kandang babi, ayam, dan sebagainya.

D.      MUSIK & TARIAN

Tortor Batak Toba adalah jenis tarian purba dari Batak Toba. Secara fisik tortor

merupakan tarian, namun makna yang lebih dari gerakan-gerakannya menunjukkan tortor adalah sebuah media komunikasi, di mana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipan upacara. Sedangkan, musik tradisi masyarakat Batak Toba ialah gondang. Gondang Batak Toba merupakan musik esembel. Tortor dan musik gondang ibarat koin yang tidak bisa dipisahkan. Tortor disajikan dengan musik gondang, dan musik gondang dimainkan dengan dipadu tarian Tortor. Ketika musik Gondang dan Tari Tortor bergabung disebut juga Margondang. Sekarang, Margondang digunakan ketika pesta, acara adat, dan acara religi.


E.       MAKANAN

Makanan populer yang sering disajikan suku Batak Toba pada acara-acara ialah
Arsik. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya. Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

F.       PAKAIAN

Ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera Utara. Ulos diartikan sebagai lambang ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anaknya atau antara seseorang dan orang lain, seperti yang tercantum dalam filsafat batak yang berbunyi: “Ijuk pengihot ni hodong.” yang artinya ijuk pengikat pelepah pada batangnya dan ulos pengikat kasih sayang diantara sesama. Mulanya ulos dikenakan di dalam bentuk selendang atau sarung saja, kerap digunakan pada perhelatan resmi atau upacara adat Batak, namun kini banyak dijumpai di dalam bentuk pakaian pesta, produk sovenir, jas, tas, taplak, dsb.



G.     TEMPAT WISATA




Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernamaPulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.




source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Batak_Toba
pictures from google's picture.



You Might Also Like

2 Comment

  1. HIS Graha Elnusa Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
    Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography. Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.

    ReplyDelete
  2. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete

Popular Posts