Kosmetik Brand Ternama Dengan Harga Tak Lazim?

1:32 AM

VIVAlife - Beberapa produk dari brand kosmetik ternama mungkin bisa Anda temui dengan harga miring. Bahkan hampir di setiap tempat perbelanjaan, produk ini digelar. Bukan untuk program diskon, tapi ini merupakan produk-produk imitasi.

Para menjual menawarkan harga "banting" hingga 70 persen. Lipstik keluaran merk papan atas yang biasa dibandrol dengan kisaran di atas Rp100 ribu hanya dijual dengan harga Rp20 ribu.

Sekilas, produk ini memang tampak seperti asli jika dilihat dari bentuk kemasannya. Namun Anda dapat merasakan perbedaan melalui tekstur produk. Misalnya saja eye shadow yang warnanya tidak dapat melekat dengan baik. Atau lipstik yang menimbulkan sedikit rasa panas saat dioleskan pada bibir. Ini hanya sedikit "kerugian" produk palsu.

Dikutip Daily Mail, beberapa produk palsu bahkan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Bahan kimia yang digunakan memicu reaksi alergi kulit, juga kerusakan permanen pada otak dan tubuh. Bahan yang biasa digunakan untuk campuran kosmetik ini adalah timah, tembaga, merkuri ,arsen dan kadmium, yang merupakan logam yang sangat berbahaya. Sebuah eye liner MAC palsu dijual di toko on linedengan harga  £ 3,50 (biasanya dijual  £ 14). Ternyata, kandungan tembaganya 46 kali melebihi batas yang diizinkan. Ini jelas tidak layak digunakan pada mata.

"Kandungan bahan kimia ini dapat menimbulkan jerawat berlebih, pembengkakan, dan gangguan kulit serius seperti psoriasis. Produk kosmetik palsu mungkin juga dibuat dalam lingkungan yang tidak steril. Mengandung bahan karsinogenik yang mengakibatkan gangguan jangka panjang," papar Christine Heemskerk, dari Trading Standards Institute.

Ditambahkan Heemskerk, produk palsu ini juga sangat mungkin menimbulkan ruam dan infeksi mata karena racun timbal. Juga menyebabkan masalah jantung, ginjal, dan system syaraf.

Bagaimana, masih tergiur dengan harga murah dan kemasan cantik yang ditawarkan?

Articel from : http://life.viva.co.id/news/read/355649-ini-bahaya-penggunaan-kosmetik-palsu


 




Setiap wanita ingin tampil menawan dan percaya diri, dan kosmetik dapat mambantu mendorong rasa percaya diri tersebut. Ternyata, Brand  juga dianggap turut andil dalam memberikan dampak yang lebih terhadap pengaplikasian kosmetik dan percaya diri seseorang, dan tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan kocek yang besar untuk mendapatkan kosmetik brand tersebut.

Menurut saya, tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang menggandrungi brand kosmetik terkenal yang kebanyakan berasal dari luar negri tersebut. Disamping kualitas, memiliki suatu brand terkenal dapat menaikkan status sosial seseorang. Banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan kosmetik brand tersebut, namun tidak mau mengeluarkan biaya yang besar seperti seharusnya.

Maka bermunculanlah kosmetik palsu mengaatasnamakan brand terkenal tersebut dan dengan harga yang sangat murah. Tanpa jelas terbuat dari bahan apa kosmetik yang digunakan, banyak masyarakat Indonesia yang tenggelam akan brand terkenal. Tentu hal ini sangat amat merugikan dan memalukan bagi bangsa Indonesia. Selain dapat merusak wajah dan tubuh, hal ini juga merusak mental generasi masyarakat Indonesia menjadi terbiasa membajak dan membeli pembajakan suatu barang. Tentunya juga sangat memalukan bahwa kenyataannya masyarakat bangsa Indonesia masih tenggelam dalam pembajakan.

You Might Also Like

0 Comment

Popular Posts